Excalibur
Info
Selamat datang di blog Roy Lichtenstein- saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan Berlama - Lama di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel yang saya susun. Ada banyak hal dapat anda pelajari, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik

Nama saya Roy Lichtenstein, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...

Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Social Icons

Mengoptimalkan gambar

Cerdaskom Internet: Banyak para blogger yang tahu bahwa semakin besar ukuran web/ blog maka semakin lambat web/blog tersebut di buka. Apakah yang membuat web dan blog ukurannnya menjadi besar? jawabanya sudah pasti video dan gambar, banyaknya video maupun gambar yang terdapat di sebuah web/blog akan membuat blog tersebut lambat, yang berakibat pengunjung menjadi malas berkunjung terutama pengguna yang akses internetnya lelet. Ssebagai contoh youtube, google earth dan sejenisnya, bagi pengguna internet rumahan urusan membuka video dan gambar ukuran besar pasti menjadi pekerjaan menjemuhkan.
Jadi bagi seorang webmaster dan blogger (pemilik blog) memangkas ukuran gambar menjadi lebih kecil dengan kualitas yang hampir sama sagatlah penting agar blog atau web nya dapat dibuka dengan cepat.
Solusinya adalah:
Kita bisa saja menggunakan photoshop atau program gambar sejenisnya untuk memperkecil ukuran gambar dengan kualitas yang hampir sama, namun disini cerdaskom akan berbagi tips yang sangat mudah sekali dalam mengoptimalkan (memperkecil) ukuran gambar:
Caranya dilakukan secara online:
1. buka web: http://jpeg-optimizer.com/ (lihat gambar)
optimalkan-gambar
2. Di gambar ada 2 ceklist, jika anda tidak ingin mengubah ukuran gambar hilangkan ceklist pada Resize Photo, lalu Compress image ubah nilainya antara 75 - 95 untuk mendapatkan hasil terbaik, lalu klik pilih file
3. Disini saya akan mencoba mengoptimalkan (memperkecil) gambar treq A10C yang ukuran filenya 169KB (anda bisa memilih gambar yang mau anda masukkan ke blog pada komputer anda)
4. Saya set nilai Compress imagenya 80%, lalu klik Optimize Photo (lihat hasilnya pada gambar)
hasil compress gambar
5. Untuk menyimpannya cukup klik kanan pada gambar lalu simpan gambar sebagai (save image as)
Catatan: disini hasil compress gambar berkurang 43,6kb ukuran ini sudah cukup besar ketika kita bermain internet. cerdaskom memakai cara diatas untuk memasukkan gambar, karena hampir di setiap posting saya memakai gambar.
Cukup mudah bukan, dimana saja kita berada kita bisa mengeditnya, sayang kelemahan program ini hanya dapat mengopimalkan gambar Jpeg dan png saja, gif tidak bisa, untuk tipe gambar lain saya belum mencobanya.

0 comments:

Post a Comment

Berikan Komentar Anda Dibawah Sini Jika Belum Punya Akun Google/Blogger Anda Bisa Pilih Anonymous